saat menulis artikel ini,, saat bulan Januari akhir menjelang Februari, itu berarti kedatangan bulan April sudah tak jauh lagi.. yah sekitar 3 bulan..

dan tahukan kamu mengapa judul dari artikel kali ini mengenai bulan April ?? bagi kamu para pelajar yang sebentar lagi akan menghadapi UJIAN NASIONAL pasti sudah tahu maksudnya..

ya, begitulah… akhir April adalah saat-saat menegangkan bagi kamu-kamu ( termasuk saya ) yang akan menghadapi ujian nasional. walaupun bukan pertama kalinya menghadapi ujian, karena kali ini adalah ujian nasional ke-2 yang saya hadapi, yaitu ujian nasional SMP..

ujian nasional menurutku sangat penting dan tidak boleh di pandang enteng, toh jika seandainya kita tidak lulus ujian, hal itu juga akan berpengaruh pada masa depan kita nantinya, misalnya tertinggal berbagai pengetahuan, menjadi minder ke teman-teman kita yang sudah lulus, menimbulkan nama yang tidak baik dan segala hal-hal yang kita tidak inginkan tentunya…

seperti contohnya, kakak kelas saya yang baru lulus,, dia bisa dibilang nomor 2 juara di kelas,, tapi saat pengumuman ujian nasional dia tidak lulus,, bukankah hal itu sangat menyedihkan ?? ahh seandainya saya tinggal di korea, yang di sana tidak dibudidayakan ujian nasional,, nah kalau sampe ada !! tidak bisa dibayangkan berapa siswi-siswa yang mati bunuh diri tiap tahunnya karena stress tidak lulus..  salah satu alasan mengapa di korea sana tidak di adakan ujian nasional karena korea bisa di bilang adalah negara dengan tingakt stress paling tinggi di dunia, dan sangat sering melakukan bunuh diri,, bisa di bayangkan hampir 30 % pelajar di korea  pernah melakukan percobaan bunuh diri..untuk menghindari masalah itu, pemerintahnya menghilangkan ujian nasional agar mengurangi pelajar yang stress lalu bunuh diri jika tidak lulus ujian,, tapiiiii…. hal ini tidak bisa di remehkan begitu saja,, tidak ujian bukan berarti lulus begitu saja,, para pelajar di sana haruss berusaha untuk menghadapi ujian masuk universitas,, dan ujian masuk universitas bukanlah hal yang mudah..

sudah…sudah… kembali ke permasalah utama mengenai ujian nasional di indo…

nah..kata kakak sepupu saya yang tahun kemarin baru saja menghadapi ujian nasional, “janganlah terlalu tegang menghadapi ujian nasional, toh soal-soal ujian sangat gampang..”. dan memang, saat membaca soal ujian nasional bahasa inggris tahun lalu memang soalnya tidak cukup sulit, yah setidaknya dapat di jawab dengan otak saya yang pas-pasan*hheee…

BUT..!!!

tapi,, saat membaca soal-soal yang lain, bahkan hanya prediksi ataupun soal-soal ujian nasional tahun kemarin rasanya langsung lemas. soalnya sangat sulit menurutku dan jawaban bahkan gambaran tentang jawabannya dari soal tersebut tidak pernah terbayang di otakku..

oleh karena itu,, sekolahku mulai mengadakan pelajaran tambahan selama 2 bulan non-stop pagi jam 0 dan lanjut les pada sore hari. yah, semoga dari pelajaran tambahan ini bisa menambah ilmu kita tentang pelajaran lalu-lau yang sudah hilang dari otak kita bisa muncul lagi dan bisa memudahkan kita untuk menghadapi ujian nasional..

nah *lagi

buat kita yang akan mengahadapi ujian, coba deh tinggalin kebiasan buruk dulu, misalnya malas ke sekolah, sekarang harus lebih sering ke sekolah, lebiih rajin-rajin buka atau otak-atik buku, jangan cuma facebook atau twiter mulu yang di buka, cek dulu semua nilai nilai di sekolah, ada yang masih kosong atau ga, supaya nilai yang kosong itu harus  segera di isi, caranya menghadap ke guru mata pelajaran tersebut dan minta pengulangan,, mengingat tahun kemaren sampe harus guru yang kejar-kejar muridnya untuk ngisi nilainya,, bukan seharusnya terbalik ?? seharusnya si murid yang harus menghadap gurunya..!!! ok.. lanjutt…….jaga kesehatan,, ini juga yang terpenting, akan sangat lebih baik jika saat menghadapi ujian kelak dengan tubuh yang sehat jasmani dan rohani, mengingat kisah dulu di sekolah, saat beberapa hari menjelang ujian,, eh si murid yang mau ujian ini malah mengalami kecelakaan, dan alhasil si murid ini harus menggunakan kursi roda saat mengerjakan soal,, oleh karena itu jaga kesehatan baik-baik..

dan yang terpenting…

banyak berdoa… perbanyak ibadah,, karena sesuatu tidak akan berhasil tanpa kerja keras dan doa,, kerja keras kita sudah lakukan dengan belajar sana-sini dari pagi sampai malam,, berbulan-bulan,, tapi hal itu juga harus diiringi dengan doa.. makanya perbanyak-banyaklah berdoa…

hehehhe…

ok,, sekian dan terima kasih semoga tahun ini bisa lulus 100 %..!!